Senin, 20 Desember 2010

MENGANALISIS ASPEK-ASPEK USAHA

   Untuk dapat mengelola usaha dengan baik seorang wirausahawan terlebih dahulu harus menetapkan jenis usahanya sebab masing-masing jenis usaha memerlukan strategi pengelolaan yg berbeda.
Beberapa aspek dalam pengelolaan usaha antara lain :
A.    Pengelolaan usaha berdasarkan aspek organisasi dan produksi
   Organisasi adalah sebuah yunit usaha yg di miliki oleh perseorangan/ kelompok orang yg berbentuk badan hukum atau tidak berbentuk badan hukum. Tolak ukur yg menentukan bahwa suatu usaha di kategorikan sebagai usaha kecil adalah ketentuan dalam uu no 9 thn 1995 tentang usaha kecil. 
Didalam uu tersebut, usaha kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yg berskala kecil dengan kriteria :
1.    Kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan
2.    Memiliki hasil penjualan maksimum Rp. 1 milyar
3.    Milik WNI
4.    Berdiri sendiri bukan anak perusahaan / dimiliki, dikuasai berafiliasi baik langsung atau tidak dengan usaha menengah atau usaha besar.
5.    Berbentuk usaha perseorangan
Organisasi usaha sederhana yg berupa usaha kecil memiliki peranan penting dalam perekonomian indonesia, usaha kecil jg menjadi fasilitas untuk melancarkan arus barang dari produsen pada konsumen.
Oleh karena itu pemerintah merasa perlu  untuk meningkatkan peranan usaha kecil :
1.    Pembentukan dan peningkatan produk nasional
2.    Perluasan kesempatan bekerja
3.    Peningkatan eksport
4.    Produk barang dan jasa daerah
5.    Pemerataan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

B.    Tujuan dan sasaran usaha
    Membahas masalah tujuan dan sasaran usaha tidak bisa dipisahkan dari membahas visi dan misi usaha karena keduanya adalah satu rangkaian yg saling berhubungan. Visi adalah gambaran utuh tentang apa yg kita inginkan. Visi perusahaan adalah pandangan jauh kedepan kemana perusahaan akan di bawa yg menunjukan kondisi ideal tentang masa depan yg realitas, dapat di percaya, meyakinkan serta memiliki daya tarik. Misi adalah langkah – langkah kita untuk mencapai visi. Misi perusahaan adalah tindakan untuk mewujudkan visi perusahaan.

C.    Sasaran perusahaan
    Sasaran perusahaan adalah penjabaran dari tujuan perusahaan yaitu sesuatu y akan di hasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Agar sasaran dapat dicapai dg efektif dan efesien maka sasaran harus di buat secara spesifik, terukur, dan di serati indikator yg lebih rinci.
Untuk memudahkan dalam menentukan sasaran beberapa hal yg harus di miliki antaralain :
1.     SDM
2.    Sumber daya keuangan
3.    Kemampuan menghasilkan laba
4.    Kedudukan pasar
5.    Sasaran kerja
6.    Pengembangan usaha
7.    Tanggung jawab rasional.

2 komentar: